Senin, 06 Agustus 2012

Ibu hamil dan atau menyusui berpuasa? Mengapa tidak...


Alhamdulillah, selama hamil dan menyusui anak-anakku, aku tidak bermasalah dengan puasa. Saat hamil anak pertama, Ferris, saat itu usia kandunganku menjelang delapan bulan. Alhamdulillah tidak ada halangan dalam berpuasa, kecuali bolong sehari karena tidak sempat sahur saat perjalanan mudik dan terjebak kemacetan. Saat berniat akan berpuasa dan berkonsultasi dengan dokter, dengan tenang dokter kandunganku bilang, “Puasa aja, toh malamnya makan juga kan.” Intinya, beliau bilang begitu. Menyusui Ferris saat puasa pun tidak bermasalah, hanya butuh penyesuaian di awal-awal Ramadhan saja. 

Saat hamil anak kedua, Falisha, usia kandunganku sembilan bulanan. Akhirnya aku bolong puasa tiga hari karena Falisha lahir tiga hari menjelang lebaran. Alhamdulillah. Menjelang Falisha setahun, kembali bertemu Ramadhan, aku berpuasa juga. Yang aku sesalkan sekarang, saat itu aku mengganti jatah ASIP Falisha untuk siang hari dengan susu UHT. 

ASIP Faza sebelum Ramadhan 2011
Untuk yang ketiga ini, bismillah. Saat selesai nifas, aku berniat untuk puasa. Saat itu hari ketiga Ramadhan. Membulatkan tekad untuk ikut berpuasa karena aku yakin kalau aku bisa. Hari pertama berpuasa, sekitar bada Ashar, badan sudah mulai gemetaran. Tapi alhamdulillah lanjut. Hari kedua tantangan bertambah, karena harus mengantarkan Falisha ke PG dengan sepeda. Alhamdulillah terlalui juga. Yang tadinya berpikir bahwa kegiatan menabung ASIP akan terhenti, ternyata masih bisa jalan terus. Faza pun ternyata sehat-sehat saja. Memang sih, kekentalan ASInya agak berkurang. Tapi tidak berpengaruh ke kesehatan Faza.

 Tips-tips agar kehamilan dan menyusui tidak menjadi halangan berpuasa tentunya pertama dengan niat kuat, positif thinking serta asupan makanan dan minuman yang cukup. Usahakan saat malam kita tetap makan tiga kali. Saat berbuka, menjelang tidur dan saat sahur. Banyaknya air putih yang kita minum juga berpengaruh besar pada produksi ASI kita. Dan jangan lupa, suplemen herbalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar